Sakuraaba

Berbagi Ilmu untuk mencerdaskan Bangsa

cara mengunci ip dan mac address dengan mikrotik / winbox

Posted by sakuraaba pada Oktober 2, 2010

Kali ini saya sedang makan kripik singkong sambil nyari inspirasi buat nulis dan akhirnya dapat ide buat nerapin MAC filter pada mikrotik, sebetulnya saya pake MAC filter udah lama karena ada beberapa klien saya yang “nakal” karena sering ganti IP, disini saya gak pake DHCP soalnya PC router saya LAN CARDnya agak soak maklumlah pentium 2 .

MAC filter sendiri metode yang digunakan untuk mengunci MAC address + IP address. Padaa contoh kasus sekarang kita akan mengunci :

1. MAC : 00:1D:72:20:E8:1E ke IP : 192.168.5.7
2. MAC : 00:1D:72:C6:AA:F7 ke IP : 192.168.5.8
3. MAC : 00:1F:D0:1E:AB:93 ke IP : 192.168.5.9

Pertama saya beberkan dulu topologi saya kayak gini neh
(topologi diatas saya ambil sampelnya saja sekitar 3 komputer)

Nah mungkin dari topologi diatas ada yang tanya gimana cara mengetahui nomor MAC yang digunakan oleh IP tertentu ?? , gini caranya :
1. Buka WINBOX
2. masuk ke bagian IP terus klik ARP
neh screencshootnya

habis itu lihat dan resapi , neh saya ambil lagi screen schotnya

nah kalo sudah tahu target MAC dan alamat IP-nya ,anda tinggal masuk ke new terminal di winbox anda , kemudian ketik script berikut

/ip firewall filter

Setelah itu ….

Untuk mengunci MAC : 00:1D:72:20:E8:1E ke IP : 192.168.5.7

add chain=forward src-address=192.168.5.7 src-mac-address=!00:1D:72:20:E8:1E action=drop comment=”kunci 192.168.5.7 ke 00:1D:72:20:E8:1E”

add chain=forward src-address=!192.168.5.7 src-mac-address=00:1D:72:20:E8:1E action=drop comment=”kunci 192.168.5.7 ke 00:1D:72:20:E8:1E”

Lanjut gan….

Untuk mengunci MAC : 00:1D:72:C6:AA:F7 ke IP : 192.168.5.8

add chain=forward src-address=192.168.5.8 src-mac-address=!00:1D:72:C6:AA:F7 action=drop comment=”kunci 192.168.5.8 ke 00:1D:72:20:E8:1E”

add chain=forward src-address=!192.168.5.8 src-mac-address=00:1D:72:C6:AA:F7 action=drop comment=”kunci 192.168.5.8 ke 00:1D:72:C6:AA:F7″

Kemudian yang terakhir

Untuk mengunci MAC : 00:1F : D0 : 1E:AB:93 ke IP : 192.168.5.9

add chain=forward src-address=192.168.5.9 src-mac-address=!00:1F:D0:1E:AB:93 action=drop comment=”kunci 192.168.5.9 ke 00:1F:D0:1E:AB:93″

add chain=forward src-address=!192.168.5.9 src-mac-address=00:1F:D0:1E:AB:93 action=drop comment=”kunci 192.168.5.9 ke 00:1F:D0:1E:AB:93″

Nah kalo langkah langkah diatas sudah selesai, maka pemilik IP dan MAC yang bersangkutan gak akan bisa ganti2 IP hehehe, bahkan kalo pake MAC clone ato mac address changer gak akan bisa, karena MAC dan IP-nya sudah kita kunci

kalau ada kekurangan harap dimaklumi soalnya saya pelajari dari internet juga. Sudah saya peraktekan pada mikrotik rb750g saya dan berhasil ha..ha..haa..
Sekian dari saya atas perhatian saya ucapkan terima kasih

sumber di dapat dari http://pai.web.id/2010/03/penerapan-mac-filter-pada-mikrotik/

9 Tanggapan to “cara mengunci ip dan mac address dengan mikrotik / winbox”

  1. velli, md. said

    weeahhh…oke bgt triknya!
    baru tau klo ip dan mac address bisa di kunci!
    nice share

  2. akbar said

    thanks gan infonya

  3. sugeng said

    thanks triknya gan…….

  4. windu said

    kalo mac clone trus ip juga di samaain masak gak masuk gan?

  5. bisa tidak tanpa melalui new terminal karena cvcapek deh mengetik klo banyak klien

  6. bisa kasi screnshotnya ?

  7. sekalian videonya bos mungkin lebih baik bagi sayaa karena pemula

  8. bro kalo mac address dan ip tertentu saja yang masuk gimana daftarinnya?

  9. idzin coba gan ,
    koemboeng.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: