Sakuraaba

Berbagi Ilmu untuk mencerdaskan Bangsa

Hati-hati memasang jack RJ45 untuk Lan

Posted by sakuraaba pada Mei 3, 2008

Pengalaman saya memasang jack RJ45 untuk lan computer menggunakan hub lan sangat aneh.

Pada kabel 4 meter kebawah pemasangan saya berhasil tetapi pada kabel di atas 10 meter selalu gagal. Berdasarkan keterangan dari kawan kabel dapat ditarik maksimal 100 meter.

Padahal kabel yg saya pasang tidak salah dan bila diukur dengan multitester semua kabel terkoneksi dengan benar.  Adapun Urutan warna pada kabel ke duanya adalah sebagai berikut :

Hijau,  hujau putihorange orange putih biru,  biru putih,  cokelat,  cokelak putih

Setelah saya menanyakan dan memperlihatkan kabel dan jack RJ45 yg saya pasang Ternyata memang salah. Padahal kesalahannya cuma sedikit saja, yaitu kabel urutan nomor 3 dari depan dan kabel urutan nomor 3 dari belakang harus berwarna yg sepasang ( biru, biru putih  atau orange, orange putih atau yg lainnya).  Ini adalah urutan kebal yang benar  : 

 

Hijau,  hujau putihorange  biru,  biru putih,  orange putih  cokelat,  cokelak putih 

berdasarkan urutan kabel yg terakhir ini ternyata memang berhasil. saya membuat kabel LAN yg panjangnya 30 meter. Menurut saya mungkin terjadi induksi kabel itu sendiri jika pemasangannya seperti yg pertama tadi. Ini bisa dibuat sebagai pengalaman kepada kawan-kawan yang baru belajar masalah LAN.

mohon keritik dan komentarnya kalau ada yg kurang !!!!

7 Tanggapan to “Hati-hati memasang jack RJ45 untuk Lan”

  1. pian said

    maaf sharing sedikit.. setahu saya agar mudah mendeteksi sebuah kabel LAN sudah tersusun baik ato belum kita gunakan LAN tester harga di mangga 2 sekitar 50rb. trus masalah urutan kabel saya sering menggunakan urutan kabel: putihorange – orange – putihhijau – biru – putihbiru – hijau – putihcoklat – coklat. semoga bermanfaat

  2. sakuraaba said

    terima kasih atas sarannya
    salam persahabatan…

  3. haris said

    hanya masukan aj klo kabel cros dari PC to PC / 1 to 1
    setahu saya :
    putihhijau-hijau,putihorange-biru,putihbiru-orange,putihcoklat-coklat (RJ45 ujung 1) | putihorange – orange,putihhijau – biru,putihbiru – hijau,putihcoklat – coklat…..(ujung RJ45 2)…. smoga ber manfaat

  4. evan said

    standarnya sih :
    putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – biru – putih coklat – coklat

    tapi sebenernya urutan warna kabel gak mesti sesuai standar, boleh bebas mau warna apa aja asalkan kedua ujung soket disusun dgn warna yg sama.

    jadi yg menentukan kualitas sebuah koneksi itu kabel, soket, hub/switch dan lan card. klo susunan warna kabel gak ngaruh.

    • duelsend said

      berbagi saja, memang urutan kabel ada standarnya
      568-A: putihhijau-hijau,putihorange-biru,putihbiru-orange,putihcoklat-coklat\
      568-B: putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih coklat – coklat

      memang untuk LAN card yang lama, urutan warna tidak ada pengaruh selama itu cross atau straight, namun untuk jenis lan card yang baru-baru sekarang harus mengikuti urutan warna itu, saya pernah mencoba asal warna (namun sesuai aturan cross atau straight) akibatnya tidak bisa konek, meski dengan tester betul.

      Menurut beberapa info, LAN card sekarang sudah menerapkan standar itu, dan kabel dibuat berbeda warna itu karena dalam satuan beberapa meter memiliki panjang yang berbeda, sehingga memiliki impedansi yang berbeda pula antar warna kabel. (coba aja potong kabel sekitar 2 meteran, lalu uraikan pilinan kabel, bandingkan panjangnya. Memang kalau hanya memotong kurang dari 1 meter tidak terlihat perbedaan panjangnya).

      Demikian info, untuk menambah saja.

  5. tompul said

    Jika Kabel yang di kehendaki panjang sampai 10 meter memamng salah satu kabel mesti di silang..akan tetapi tidak berpengaruh urutan 1 – 8…dari awal sampai ujung.

    thx

  6. Herman said

    cuman berbagi pengalama frend …
    saya pernah coba membuat jaringan dengan panjang sekitar 300 meter dengan dibantu 2 hub hasil memuaskan, tp yang harus diperhatikan adalah kabel lan…. utp cat5 atau cat5e yang original…. urutan kabelnya disesuakan dengan standart :568-A: putihhijau-hijau,putihorange-biru,putihbiru-orange,putihcoklat-coklat\
    568-B: putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih coklat – coklat untuk antar hub, untuk hub ke komputer saya gunakan : 568-B: putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih coklat – coklat. sekedar info… kabel yang berfungsi cuman 4 hijauputih, hijau, orange dan orange putih, keempatnya memiliki kualitas berbeda dibandingkan keempat kabel lainnya.

    semoga bisa bermanfaat ….salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: