Sakuraaba

Berbagi Ilmu untuk mencerdaskan Bangsa

Printer Canon IP 1880 / MP 145 tidak bisa menarik kertas

Posted by sakuraaba pada Oktober 27, 2008

 

Pada Printer Canon sering kita jumpai masalah tidak bisa menarik kertas atau kertas yang ditarik miring  atau tidak pas waktu di print. Ini sering terjadi pada Printer Canon series IP-1200 s/d IP-1880 dan  Series MP-150 s/d MP-228.

Ini terjadi karena As ( karet penarik kertas ) patah / putus, As tersebut terbuat dari plastik.

Untuk mengatasinya bongkar Printer  tersebut, lepaskan casing / body plastic.

Perhatikan  baut/skrup yang mengunci casing, kemungkinan ada yang tetutup body lain (tersembunyi) terutama yg berseri MP.

Perhatikan juga klemnya yang tebuat dari plastic, jika ada congkel perlahan-lahan dengan Obeng. Hati-hati jangan sampai patah.

Sesudah casing/body plastic  dilepas akan terlihat karet penarik kertas beserta plastiknya, lalu buka skrup sensor kertas.Jangan lupa melapaskan Per  penekan kertas

Lihat Gambar Dibawa Ini

 

   

 Gb. 1                                                                            Gb. 2

 

  

 Gb. 3                                                                            Gb. 4

 

   

Gb. 5                                                                             Gb. 6     

Lalu buka skrup pengunci karet penarik kertas. Lepaskan penarik kertas beserta karetnya dari printer dengan cara mencongkel klem plastic yang menempel pada gear besar yang terlihat dari atas lalu tarik kearah samping agar terlepas dari printer

 

Gb. 7

 

 Gb. 8

 

 Gb. 9

 

 Gb. 10

Sesudah terlepas dari Printer  perhatikan daerah penarik kertas yang patah. Daerah Plastik yang patah kemudian dilubangi dengan bor sebesar 3 mm. Lalu diberi skrup 3 mm.

Kemudian skrup yang sudah terpasang dipotong ujungnya dengan tang pemotong lebihkan skrup yang dipotong sepanjang 8 mm sebagai pengganti AS yang patah tadi.

Perhatikan saat mengebor usahakan lubang pas di tengah lingkaran.

 

 Gb. 11

 

 Gb. 12

 

 Gb. 13

 

 Gb. 14

 

Setelah Selesai, Pasang kembali Karet Penarik kertas ke printer dan tutup kembali casing/ body printer seperti semulah.

 

Selesai deehhh……Selamat Mencoba……Semoga bermanfaat….

 

144 Tanggapan to “Printer Canon IP 1880 / MP 145 tidak bisa menarik kertas”

  1. aprilsky said

    keren Om ..tp gw g berani bongkar² nye ..heheheh
    printer gw masalahnye kyk gt tuh

  2. joni said

    jika ingin pinter !!!!
    harus berani ambil resiko…. itu motto saya.

  3. andrie_st said

    Wuih, kumplit sama foto2nya….

    Bagus pak, sering2 aja kasih tutorial yg kayak gini…

    Kalok problem printer HP bisa g pak? aku punya jarkom takpasangin printer HP 2466, kalok ngeprint dari client, warna birunya brubah jadi merah, itu dalam modus normal. Tapi kalok modusnya best, warnanya jadi bener, tapi konsekuensinya jadi luambat ngeprintnya.

    Gimana pak, bisa dong….

  4. sakuraaba said

    untuk problem printert HP 2466 gue belum dapat mengatasinya. sorry ya… soalnya sedikit konsumen yg memakai printer HP.
    Tapi berdasarkan pengalaman saya, memang printer injet Merek Hp Cartrige nya banyak yg bermasalah.. Apalgi di infus.
    Saran saya :
    Untuk printer Hp lebih baik membeli yg Laser jet saja, karena tergolong gampang merawatnya..( jangan membeli yg injek, karena banyak masalah di cartrignya ).

    Mohon maaf jika ada yg tersinggung dengan saran gue

  5. Axioo said

    Emang kumplit,, tapi Pak Sakur,,, cara buka casingnya jg harus ada fotonya tuhhh…

    itu yang paling susah cara buka casingnya..

    Sya tunggu tutorial selengkapnya yhh…

  6. sakura said

    emangnya printernya type berapa ?

  7. Axioo said

    Canon Tipe IP 1880.. Kog g udah cb buka-2 tetep ngak bs,,
    ada tutorial + Imagesnya ngak buat bk Casingnya,,,
    hehehe,, sory ngerepotin,,

  8. odell said

    mau tanya nih, saya punya beberapa merk printer,canon IP 1880, HP 2466, dan Epson C45, smua bermasalah sama katrid nya,, putus2, apa lagi yang warna baru 6 bulan udah mati kuning nya, di clean putus2, trus abis itu ilang lagi,,, 2466 nya yg biru ama pink masih bagus kuning ga mncul, yg canon ip 1880 pink nya aja yg mncul,, bingung dehh, ada yg bisa bantu,,,,????
    terima kasih sebelumnya,,,…

  9. odell said

    oya buat tutorial canon ip 1880 ga bisa tarik kertas, bagus banget, sebelumnya saya juga ngalamin kaya gitu, trus saya bngkar aja iseng2, dan sama persis ama yang di tampilkan di atas,,,,, tapi ga sya bor, cuma di solder aja buat sekrupnya,, , bagi yang mengalami juga ga usah takut, gampang kok,, yang rumit emang pas bongkar casing nya,,, congkel aja pake obeng minus, ntar juga kebuka…

  10. odell said

    buat yang pake printer laser xerox 203 / 204 boleh berbagi pengalaman sama saya,, di tunggu

  11. joni said

    untuk axioo
    entar gue buat tutorialnya
    sabar yaa gue lagi cari printer yg rusak untuk dibongkar lalu di photo tahap demi tahapnya….ok….
    sabar yaaa….!

  12. Dhena said

    resetter Blinking printer EPSON dan CANON

    Pada Printer Canon Inkjet Type i250, i255, i320, i350, i355, PIXMA ip1000, ip1500 dan sekelasnya, Jumlah pencetakannya akan selalu diakumulasikan hingga batas tertentu. Dan bila sudah mencapai batas yang ditetapkan, maka akan Overload dengan ditandai lampu LED menyala secara bergantian atau disebut dengan BLINKING.

    Jika hal ini terjadi, maka Mau tidak mau printer harus dibawa ke service center Canon. Hal ini tidak masalah jika rumah kita Dekat atau satu kota. Lalu bagaimana jika Rumah Kita Di Luar Kota atau bahkan di Luar Pulau?????

    Solusinya anda HARUS MEMILIKI SENDIRI software CANON RESETTER

    Kabar Baik Untuk ANDA

    Kini, anda tidak perlu bingung lagi kemana harus mencari program tersebut. karena semua petunjuk lengkap dan program untuk memperbaiki Printer Canon Anda sudah kami siapkan dan bisa anda Dapatkan SAAT INI JUGA.

    download reset tool : indoresetter.blogspot.com

  13. alexlazuardi said

    saya punya printer canon jadul bjc2100sp, sekarang kagak mau narik kertas, ketika geprint, kertas tidak mau tertarik, udah say a bbongkar, tidak ada benda yang nyangkut, udah say abersihin, apa sensornya mati ya? tapi ngomong2 sensornya disebelah mana ya….ato adaide lain? tq bgt

  14. oreo said

    thanks bwt tutornya..
    tp d printer sy pny kasus yg sama. setelah saya lihat dengan cara d atas ternyata tidak ad yg patah.
    namaun kertas tetap tidak dapat masuk. sesaat cartrige tetap berjalan dan mengeluarkan tinta namun kertas tidak tertarik.

    mohon pencerahannya

  15. sakuraaba said

    Coba periksa bagian dalam penarik kertas, kemungkinan ada benda yg menghambat masuknya kertas.

    Seperti yg terjadi pada teman saya kejadiannya sama tidak mau menarik kertas pada hal baru seminggu di beli, printer 1980 nya tidak mau menarik kertas.

    Setelah di periksa ternyata ada pentol korek api di dalamnya. maklum dirumahnya banyak anak-anak.

    • sutarbi said

      acara ini bagus, agar kita paham betul baiknya mas sakuraaba membuat tempat khursus saja, biar setiap pertanyaan yang diajukan bisa terjawab tuntas, misalnya permasalahannya dan penyelesaiannya disertai foto.tksh mas.

  16. dien said

    om,tolong donk…
    kemaren habis mbongkar printer i255(buat bersihin tank-nya-pengalaman pertama), tp pas trakhir ternyata ada 2 per …yg g tau mau ditaruh dimana, mang pas dinyalain bisa n udah idup tp masalahnya kertasnya g terisap…
    tolong brikan gambaran isi dari i255 y jelas sperti gambar di atas…
    makasi sbelumnya

  17. trisno said

    thank’s banget om … petunjuknya ok

  18. Minhur said

    om, saya punya printer canon ip 1880, ku tanya temanku apanya yang rusak dia bilang sensornya, kalo gitu sy minta tolong gimana caranya perbaiki tu sensornya? terus buka casingnya tu print susah bangat kalo bisa tolong juga foto cara buka casingnya! thanks sebelumnya…!!!

  19. sakuraaba said

    di dalam printer ip1880 terdapat 4 buah sensor sayang anda tidak menyebutkan sensor bagian mana yg rusak.
    senor pertama terletak di samping kiri yg bekerja untuk mengatur perputaran motor kertas
    sensor kedua terletak di belakang cartrik yg bergerak gunanya untuk mengatur motor head/cartrik
    sensor ketiga terletak di atas dekat penarik kertas gunanya untuk memberi indikator apakah ada kertas ataau tidak
    sensor keempat terletak di atas bagiaan kanan printer gunanya untuk menarik kertas
    ke empat sensor tersebut saling berhubungan satu dengan lainnya.

    umummnya sensor yg sering rusak adalah sensor pertama yg terletak di samping kiri. kerusakanya akibat dari banjirnya tinta ( umumnya memakai tinta infus ) yg menggenangi plastik yg berputar kearah sensor pertama sehingga sensor kebanjiran tinta dan menjadi rusak/hang

    untuk mengatasinya coba anda bersihkan sensor tersebut dari tinta yg menutupinya ( umumnya berhasil dengan catatan tinta belum lama membanjiri sensor). Jika sudah terlalu lama umumnya kaki sensor sudah korosi/bekarat dn putus, bila ini sempat terjadi coba dikorek sensor yg putus kakinya dan coba solder kembali jika juga tidak bisa coba cari printer yg sudah tidak terpakai lagi ambil sensornya untuk dipasang ke printer yg mau digunakan..

    semoga saran saya berguna untuk anda semua…

  20. dien said

    gimana gambar interior dari canon ip1980 dan canon i255 … sy sudah membuka tapi sepertinya ada yang salah dalam pemasangan…tolong diberi gambar letak2 dari bagian dalam printer tersebut…tolong ya om…makasi bantuannya

  21. ivy said

    Saya lagi bersih2 canon i255. Masalahnya abis bongkar ga bisa pasang. Khususnya bagian di bawah dudukan parkir cartridge pas kondisi standby (yang ada sambungan ke selang pembuangan). Ada 2 bagian yang terlepas, 1 plastik warna putih dan 1 per. Kalo punya, mohon sharing gambar bagian tsb biar saya bisa pasang lagi. Makasih banget bantuannya.

  22. sho_im said

    nah… sip bgt top markotop..
    bagi2 ilmu ky ini sip bgt..

    Kang, sedangkan untuk cleaning printer canon 1880 gimana yah?
    maksudnya cleaning secara fisik , tu printerku kotor bgt bagian dalamnya, bekas tinta yang nyemprot waktu ngeprint so, lumayan kotor..
    dan juga untuk cleaning cartridge/head , direndam pake air apa yang bener?
    thanx’s

  23. denana said

    printer type ip1980 sering kali ngeblink
    untung saya kemaren nanya sama mas google
    cara ngatasinya , dengan resetter yg saya download di http://klinik-printer.com

  24. den_agung said

    mas kalau untuk ngatasin tinta printer canon mp145 warna merah yang banjir, tapi malah nggak mau terprint (jadi warna kuning), oya priter saya pakai tabung infus

  25. hans said

    bombastis , dahsyat, spectakuler, ajibbbzzz banget kreatifitas anda pak!!! boleh ijin u/ mengkopi artikel buat referensi / kumpulan hobi artikel printer saya

  26. tina said

    mas cara membongkar printer canon pixma 1880
    cara bongkar casing dan gambarnya yg lengkap
    soalnya printer saya ngeblink
    tapi sdah dicoba pake software resetter tidak bisa
    bagaimana solusinya

    dan klo canon mp145
    saat print warna merah dan biru jadi warna kuning
    bagaimana solusinya

    tolong jelaskan yg selengkap2nya

    kalo bisa kirim ke e-mail saya ya
    1ndri.n4rut0@plasa.com

    terima kasih sebelumnya

  27. tina said

    tolong secepatnya y

  28. must said

    kak tolong..! printQ canon MP145 nggak bisa narik kertas n muncul printah E2 di LCDx, saya sudah priksa karet penarik kertasx tidak dalam keadaan patah, plis bantuannya kak cara mengatasi E2 = no paper (ASF) secepatx, thanks before

  29. al gadimah said

    sip om.,,
    mantab banget!!!
    salut ana.
    toyib2.,,

  30. al gadimah said

    klu ada yang buat t11 epson bos.,,
    cara modif rol
    sama biasanya suaranya kasar.,,tak tunggu blsan nya.
    mkasih,,araf_computer_86@yahoo.com
    vicky_racing_86@yahoo.co.id

  31. Makasih atas infonya….sekarang aku bisa jadi reparasi printerku sendiri dengan Pinter !!! he he he padahal kemarin thu aku bw ke bengkel tapi yaitu….MAHAL….setelah aku coba liat gambarnya tentang e22 eh….kena tuh….makasih banget smoga Tuhan membalas kebaikan anda…AMIEN !!!

  32. ali said

    salam kenal Mas.
    tutorial luar bisa dan sangat membantu sekali, semoga ilmu yang dibagi membawa kebaikan bagi kita semua.
    O…ya,kalau MP145 dipasang infus keluar kode E2,bila dilepas infusnya kode nggak keluar (priter normal kembali).Mohon bantuannya.Mkasih bayak

  33. Biwa said

    Cara mengatasi E2 & E5 gimana yah ….? mohon bantuannya bagi yang sudah berpengalaman trims banget buat semua yang ngebaca keluhanku

  34. Reza said

    Tida kata yg fantas selain MANTABBB!!!

  35. era said

    thank bnget om,…
    tdnya print sy canon ip 1980 ga bsa narik krts n dah coba bbrapa cra ttap ga bsa….
    truz bca pngalaman om, eh ternyata bnar ada ssutau d dlm printr sy,….

    alhamdulillah dah bs d pke lg…
    thanks bnget ya om

  36. UguhSantos said

    Mo tanya, kalau printer IP1880 buat ngeprint tiap beberapa baris loncat kira2 apanya yang rusak yaa..? help..dong..

    • tommi said

      Coba anda bersihkan sensor pita di depan itu. Pita bening plastik yg sejajar dengan rantai penarik catridge itu. biasanya kotor karena pecikan tinta. Pita itu fungsinya sebagai sensor. semoga berhasil.

  37. sakuraaba said

    kalau ngeprint baris loncat-loncat, coba periksa sensor plastic yg bulat, yg ada disebelah kiri printer mungkin kotor atau ada yg putus (gari-garis halus keliling harus lengkap) !!!
    untuk yg lain sorry kalau tidak sempat saya balas….

  38. Jahja said

    selamat malam bro…infonya mantab banget tuh, kebetulan printerku ip1880 sedang mengalami masalah seperti itu, cuma mo buka casingnya kog susah juga yaa bro. mohon infonya pls…sebelah mana skrup dan klem plasticnya tuh…thx yaa bro…

    • sakuraaba said

      pertama buka dahulu penutup atasnya ( penutup kertas sama penutup cartik printernya ) caranya ditarik agar nopnya bisa lepas boleh sedikit dibengkokan plastiknya.
      setelah lepas lepaskan penutup kiri dan kanan caranya cungkil/kopak dengan obeng min(-) lubang atas dan lubang bawa setelah terbuka sedikit lalu pukul dengan tangan ke arah belakang, maka akan lepas penutup kiri dan kanan. lalu buka sekrup bagian depan kiri & kanan lalu tekan nopnya yg bagian belakang maka tutup printer akan terbuka semua. selamat mencoba !!!!

  39. damy said

    om sakuraba ane mau tanya nih..
    kalo printer Canon iP1980 bagian penarik kertanya sering menarik kertas berulang – ulang terus trus kertasnya macet dtengah-tengah kemudian muncul notifikasi paper jam. kira2 yang rusak apanya yah??

    makasih sebelumnya..

  40. harris said

    berhasil om makasih tetapi kini ada pesan error 5100 gmana nih solusinya apakah saya ada yang salah pasang

  41. joko supriyadi said

    printer saya canon pixma 1880..
    1. purtama normal, tp pas dipakek ngeprin , waktu ambil kertas dapat separuh lasung berhenti dan lampunya yang merah berkedip2. dan macet…
    2. pas dipakek ngeprin tiba2 lampu yg orange berkedip skitar 15x…
    dan dimonitor katridge yg itam lepas.

    gmna solusinya bang…?????

  42. Aszhury said

    printer saya klo ngeprint cetakkannya Putus-putus dah tak ganti catrid baru tp tetep saja… minta tolong apa yang harus Q lakukan..

  43. Maaf pak, gmn cara buka casing printer IP 1880?
    soalnya printer saya mati total, apa mgkn adaptornya?
    saya may cek tapi buka casingnya kagak bisa..
    Tolong ya pak kalo bisa kasih foto ato videonya jg

    terima kasih

  44. Maaf pak, gmn cara buka casing printer IP 1880?
    soalnya printer saya mati total, apa mgkn adaptornya?
    saya mau cek tapi buka casingnya kagak bisa..
    Tolong ya pak, kalo bisa kasih foto ato videonya jg biar gampang.

    terima kasih

  45. Agus said

    Tlng cara membuka casing IP1880 plus dengan gambarnya, please krm ke email, terima kasih.

  46. ony said

    Gan, saya punya masalah yang sama, pengen perbaiki, tapi bagaimana cara lepas cover dan body item-nya ya ? saya bingung cari scrup juga gak ada, apa socket semua ya ? printer saya canon ip 1880..pliss bantu ya…

  47. adit said

    pak sakuraba keren,,

    ilmunya bermanfaat bgd.klo bs utk bongkar dbuat step by step dg gambar fokus besar.

    Regards

  48. adiet said

    kok gambarnya mirip yang di venetta sih bos,yang asli yang mana nih,btw sangat setuju dengan motonya berbagi ilmu mencerdaskan bangsa, maju terus pantang mundur, bravo !!!

  49. joko said

    saya sudah kehabisan cara untuk memperbaiki printer saya + saya juga masih ragu buat ngebongkar, ntar takutnya bukan tambah bener yang ada tambah hancur (bisa buka gak bisa masang)
    hadooooh ”

    gimana ini ”
    kadang E2
    kadang E5

    Biasanya kagak pernah kayak gini ”
    can u help me ?? please,…….

  50. suky said

    klonya printer ip1980 sama ga dgn 1888 dgn kasus yg sama, maksud cara servisnya. thank’s infonya..

  51. arifin said

    mas cara masukin selang tinta pembuangan canon ip1980 infusan lagi gimana yah, soalnya selang tsb kmrn saya tarik sampe keluar semua, skrg saya bingung masukinnya lagi, thanks. klo bisa plus pic nya yah,or email to me.

  52. om sakuraba kulo badhe taken..
    kalo printer Canon iP1980 bagian penarik kertanya sering menarik kertas berulang – ulang terus trus kertasnya macet dtengah-tengah kemudian muncul notifikasi paper jam. kira2 yang rusak apanya yah??. Sudah aku bongkar berulang kali, gear sudah aku bersihkan cuci. paper coats (rol karet) sudah dicuci. roll karet sudah diganjal. sensor samping kiri sudah dibersihkan pakai alkohol. sensor atas penarik kertas sudah dibersihkan. sensor atas kanan sudah dibersihkan. sensor belakang catrige sudah dibersihkan. gear sudah dicheck gak ada yang patah dan posisi sudah pas. tapi kok masih tetep ya ? tolong please dibantu penuh aku sangat membutuhkan penyelesaian. Terima kasih. Salam dari Pekalongan

  53. Denikaze said

    aku punya printer ip1880…masalahnya waktu aku lagi ngeprint, tuh printer narik kertas 3 sampe’ 5 lembar untuk sekali ngeprint…printerku tuh kenapa ya mohon solusinya

  54. Miftach said

    Mas nanya neh printer saya canon i255, dipake print g keluar tulisan sama sekali.. kira2 apanya ya mas…

    oya head normal g ada masalah sudah dicoba di printer temen, head tmene saya pasang di printer juga sama ja alias kertas tetep putih bersih… g ada tanda2 kena tinta…

    tolong ya mas solusinya…

  55. aku buka casingnya aja gak bisa tapi gambarnya langsung casing kebuka.tolong gambar cara buka casing tuk ip 1880 di tampilkan atau di kirim ke stamina1001@gmail.com tolong…..abis aku pusing mikirin bukanya sebab skrupnya terlanjur kubuka eh….jatuh masuk kedalam entah kemana.trims yg buuaaanyaaak jika ada yg bantu

  56. Orang kesel said

    Jangan ada yg beli Canon. Gua udah 4 kali beli catridge warnanya canon ip1880. Setiap kali penyakitnya itu tinta warna merah dicetaknya warna kuning. Itu terjadi setiap kali setelah melakukan 3 atau 4 kali isi ulang tinta warna (gua udah coba 4 merk tinta refill, semua sama ujung2nya, berarti bukan salah ditinta tetapi di catridge). Gua gak pernah salah suntik, udah gua tes pake tissue, tintanya bener keluar 3 warna yg berbeda di tempat yg bener. Tapi tiap kali ngeprint, yg merah di cetak warna kuning, kuning dicetak kuning, biru dicetak biru. Goblok banget dah ni printer, mo gua jual nih printer. DASAR CANON BUSUK….. Mampus aja LOE DIREKTURNYA CANON.

  57. Ibrahim "ievhan" Yusuf said

    mas gmna mmperbaiki mp145 error 42 ?? tolong bantu ya !!!

    • nahita said

      biasanya cuman kabel datanya(mirip pita) yang nyambung k’mainboard printer ada yang putus…..insyaalloh bisa,menurut pengalaman begitu…. klo cara mengantinya tanya ma master sakuraaba……moga bisa membantu……

  58. [...] http://sakuraaba.wordpress.com/2008/10/27/printer-canon-ip-1880-mp-145-tidak-bisa-menarik-kertas/. Lumayan rinci lengkap dengan [...]

  59. wah klo masalah itu mah gampil ndak perlu di share

  60. codot said

    tolong dong bantu saya begini : printer saya punya type mp 145 lampu indikator alarm menyala orange apabila power on dinyalakan lampu menyala hijau sebentar lalu mati berganti warna orange di indikator alarm, tolong apanya itu yang rusak tolang batu saya kawan2, thks

  61. jery said

    mas, minta tolong klo yang Tipe T11 gimana ya caranya?

  62. mardika said

    kalo hasil cetakan canon ip1880 putus2 gmn yah? tlg infonya donk…makasi sblmnya..

    • nahita said

      wah tuh penyebabnya banyak……bisa cartridgenya,sircuit cartritdge,headnya cartridgenya……cek dulu cartidgenya bawa ja cartridgenya k’veneta system ………cabangnya banyak……www.venetaonline.com

  63. Andre said

    om, mau tanya donk.. binun bongkar casingnya.. udh di tarik cari masing2 sela gak bisa kebuka juga.. jumlah skrup total ada berapa yah?

  64. Arsyad said

    Makasih banyak, printer saya udah mau jalan dengan baik, karena gumpalan kertas yang menghalang di jalur kertasnya, setelah saya keluarkan printernya udah ngga miring lagi ngeprintnya, mksih banyak masukannya, spesial buat mas Sakuraaba,

  65. adhink said

    Good…. Thanks bro….!!!

  66. masfid said

    thank….ya truslah berbagi ilmu cuma2… semoga tambh kreatif slalu…. :-)

  67. citra manalo said

    mas… saya punya masalah dengan priter canon IP 1700. tinta yg keluar swktu mencetak itu g sempurna, seperti nampak bergaris2 gitu..pdhl sebelumny tidak ada masalah ap2. setelah agak sebulan printer tidak saya pake… tiba2 aj printer sudah tidak bisa lg menarik kertas.
    mhn bantuanny mas, selain itu saya telah cb u bongkar casingny koq g bisa2 ya.. thank ats infony…

  68. pujo said

    mas, kalo untuk printer ip1700 cara bongkarnya apakah sama spt diatas juga?

    klo ada bedanya, bisa kasih info?

    trims

  69. ibad said

    terima kasih gan atas tutorialnya.. semoga saya bisa membagikannya lg ke yg laen..

  70. hansen said

    aku teknisi printer…….
    aku bisa bongkar pasang printer………..
    trus aku bisa bagusin semua printer……..
    aku mendapat masalah dalam papan maderboat aja……..
    aku ngak bisa membagusi papan maderboat……….
    tau ngak gmn solusi ya…………???????????????????????

  71. melky said

    karet dengan body plastik kok nda bisa lepas. body plastik menyatu dengan gearnya. gimana dong caranya. sudah saya bongkar dan pada tahap akhir. nda bisa lepasin body plastiknya. tolong dong kasih tau cara lepasinnya. apa ditarik dengan paksa? MAKASIH.

  72. ade aj said

    iya karet body plastiknya susah skali dibukanya..apa dipaksa aja?trus ada plastik bening yg panjang itu lepas dmn ya letaknya ga tau?tolong……trims

  73. wedha said

    Saya memakai printer canon mp145, problemnya setelah saya refil cartridge warna kemudian muncul kode E3. Mohon solusinya Pak Sakura, terimakasih.

  74. abuhilyah said

    salam kenal mas….. mohon infonya printer sy c MP 198 masalahnya tarikan kertas ga mau narik dah di cek smua termasuk as kertas smua normal termasuk sensornya masih bagus… kira@ apanya yang bermasalah ya ? sangat di tunggu infonya ya mas….. makasih banyak

  75. Mamaze Ndarung said

    Matur nuwun Mas, atas ilmunya… akhirnya aku bisa nge’print lagi…
    cihuy… mak nyuzz tenan….

  76. ach.zyr said

    Thanx abiiiiiiiiiiizz mas!!!

    di tungguin artikel selanjutnya!!!!

  77. citra said

    bung toloooong, critanya aku bonkar canon1880. bgt mo pasang kok smpai stres gak bs.
    ada plastik kecil warna hitam,panjang kr2 7cm lebar setengah cm berbentuk sdkit kayak huruf Z ada pernya kecil, masangnya di sebelah mana tu? trs gunanya tuk apa..? trims…..sblmnya

    • nahita said

      tuh bwt sensor kertas…..yng panjang posisinya d’atas yang pendek dibawah….posisinya ada d’gmb.8 perhati’in letaknya (posisinya)……moga membantu…..

  78. iwan said

    canon mp 145 punyaku bos bermasalah….. sbelumnya lancar lancar aja, kmaren pas aq buat nyetak yang tercetak hanya 2-3 baris paling atas aja…selanjutnya nunggu lamaaaa dan batal. gak ada keterangan apa apa hanya disuruh batalin aja karna printer gagal mencetak, sementara lampu displaynya tetap berputar seperti sedang nyetak gitu.. udah ku instal ulang tapi tetep aja. tolong bos…trims ya

  79. freddo said

    thx bos informasinya…. cara bongkar printernya sekalian dong….

  80. satudedi said

    keren banget Gan panduannya, canon MP145 saya dari beberapa hari lalu alami hal yang sama, siap2 bongkar nih …. (cuma belum tentu siap pasangnya lagi nich,hehe)

  81. harry said

    saya punya printer canon ip1880 waktu saya mau pakai gk mau nyala…alias gk ada listrik yg masuk…alias mati total…gimana ya cara memperbikinya….? makasih…

    • tommi said

      Coba anda bongkar pasang ulang adaptor di belakang printernya. Cabut tancap ulang kabelnya. kalau masih
      1. ganti adaptornya dengan adaptor yg sama
      2. kalau sudah ganti tetap tidak bisa, kemungkinan besar mainboardnya rusak

  82. -,- jadi itu penyebabnya, makasih om -,- tapi ttp ajaa,, ga berani bongkar >< padahal mau .. hahhah -w- bukan punya ane sih om .. hahahaa, makasih ya om .. :D :D

  83. ucka said

    bagus nih……..sangat membantu……….makasih banyak ya……

  84. Imam said

    Ini baru tutorial..
    Mantap bos

  85. atox said

    tolong mas e 23 gmana solusinya,,,

    • tommi said

      Blinking, Canon MP 145, Canon MP 160, cartirdge yang terpasang salah, Cartridge tidak compatibel,
      E14 Ink cartridges whose destination are wrong,
      E15 Ink cartridge tidak terpasang, E16 Ink remaining is unknown,
      E16-E19 masalah pada scan head alignment sheet,
      E2-2 tidak ada kertas (ASF),
      E22 Carriage error,
      E23 Paper feed error,
      E24 Purge unit error,
      E25 ASF(cam),
      E26 Internal temperature rise error,
      E27 ink absorber full or platen waste ink absorber full,
      E28 Ink cartridge temperature rise error,
      E29 EEPROM error,
      E3-3 Paper jam,
      E33 Paper feed position error,
      E35 15 USB Host VBUD overcurrent error USB,
      E37 17 motor driver tidak normal,
      E4 tidak ada tinta/cartridge,
      E40 20 hardware lain error,
      E42 22 Scanner error,
      E5-5 ink cartridges tidak terpasang,
      E8 absorber full,
      E9 hubungan ke digital camera, ERROR CODE CANON MP145/MP160, kode error, platen waste ink absorber full, Printer multi fungsi, sensor error, trend printer, video camera tidak support

      semoga membantu

  86. ikmal said

    sya pnya masalah dengan cnon sama seperti gambar…..padahal sudah z reset brpa kali lo. tetep aja gk ada perubahn….trus z bongkar…jga gk ada masalah……sperpat aman2 saja
    setiap z menghidupkan printer, kedua lampu bergantian menyala….gk berhenti2 biasanya kan hanya hijau yang hidup….

    tolong solusinya…
    atau mungkin motherboadnya udah rusak ya,,,,?
    atau gman///
    tolong para master dibantuin ya?????

    • tommi said

      1. coba test ganti catridge dulu. biasanya catridge yg rusak.
      2. sudah di reset pakai software.
      3. Perhatikan status errornya apa. kalau masalah kertas coba cek lagi ada barang2 aneh yg nyangkut di penarikan masuk kertas tersebut. atau ada yg nyangkut pergerakan catridge (kalau ada infus pastikan tidak ada yg menghambat pergerakan catridge) misalnya selang infus ke pendekan, nyangkut, kertas dll
      4. kalau masih kemungkinan ada mainboard.

      semoga bisa membantu

  87. Wah siip gan…thank u ya…GBU

  88. mp198 said

    waktu saya mau ngeprin kartu nama dengan ukuran kertas 9×5.5 cm 350 gram, printernya ngga mau narik kertasnya… printer saya ip1880, ip1890, mp198… mohon solusinya

  89. siiiip om thank infonya…..????

  90. maia t pake ahmad said

    pas….. printer saya lg kena penyakit yang sama
    mo saya operasi dulu, dah tau caranya…thanx

  91. andika1245 said

    aku coba dulu ya???

  92. wan_putra'Mu said

    print ku ip1980.. ga’ bisa narik kertas..

    gear penahan kertas.y ga’ gerak sama skali.. yg gerak cuman pompa.y saja..
    masih pusink.. dah bongkar pasang brpa kali.. ga nemu” masalah.y apa..

    bantuin kah senioor..

  93. ari said

    print q canon 1880 kalo buat ngeprint kok tulisan nya loncat separo diatas separo nya dibawah jd tulisannya gak nyambung n jarak nya agak jauh itu yang rusak apanya ya. mohon pencerahannya…. tqq

  94. fairiz said

    mohon bantuannya…
    printer saya tinta warnanya berubah jadi pink semuaa,,sudah saya clean tpi ttp gg bisa….makasihh…^_^

    • tommi said

      Coba keluarkan catridge warna printer anda trus test pakai tissue apakan warna yang keluar normal 3 warna biru,merah,kuning?
      kalau ada warna yg ngacau bearti anda salah isi / suntik warna. Solusinya ada adalah mencuci catridge warna anda( harus bongkar catridge) atau cara mudahnya ganti catrige warna baru.
      Jika hasil test pada tissue warnanya bagus, maka coba anda reset pakai software resetter printer yg sesuai dengan printer anda dan jangan lupa delete driver printer anda dan install ulang drivernya karena saya pernah menginstall ulang dan berhasil kembali normal warnanya.

  95. Wie'z said

    tampilkan juga donk tutorial cara buka casing nya, biar mengurangi resiko kerusakan pak sakuraba

  96. soares said

    Salam kenal paa nii uda satu minggu saya bonkar pasang printer. printer ane canon ip 1900 masalahnya dia geroling trus kertas saat dinyalakan gejalanya seperti kehabisan kertas dia geroling. yg ini dia geroling teruss ga berhenti. kadang gerolingnya kedepan kadang kebelakang. pa nii masalah bagaimana mengatasinya mohon di beri pencerahan untuk perbaikannya.

  97. guuska said

    thanks buat onfonya, saya baru aja coba dan berhasil sukses, bisnis saya jadi tambah lancar kalo printer beres. :)

  98. Agus said

    Wah ! Ketemu juga nih caranya ! Makasih banyak ………

  99. muniche said

    bos kalo printer mp145 hasil cetak tinta hitam loncat loncat apanya ya yang rusak???

    • tommi said

      Coba bersihkan pita sensor bulat yg di sebelah kiri printer itu. semudian pita sensor panjang di depan printer itu juga berpengaruh untuk hasil cetak tidak mirip / bergeser tidak rata. Hati2 dalam mebersihkan pitanya dari tinta atau ku\otoran jangan sampai garis pita sensor asli jadi hilang.

  100. glerbagler said

    Saya sangat tertarik dgn alat yg anda buat. apakah ada alat yg memakai sensor yg lebih sederhana lg? mohon bantuannya demi tugas kampus, share ke saya ya. thx

  101. hakim said

    boss ,,kenpa printer canon pixma mp228 ,,hanya hidup lampu alrm nya,,lampu power nya di tekan gak mau hidup??mohon solusinya

    • tommi said

      masalahnya ada pada kabel fleksibelnya (yang seperti kertas tipis) coba cabut dan tancap ulang. hati-hati cabut dan tancapnya. kareana sensitif. koyak / sobek sedikit tidak bisa pakai lagi. Kalau masih juga gak mau hidup bearti chip mainboard printernya ada yg rusak.

  102. krisna said

    waduh mas hasil cetak locat2 ip1880…
    kayaknya emang bener sich… plastik yang bulat d sebelah kiri kotor banget akibat tinta… aku bersihin deh tu plastik dari tinta… eeeeeeeeeeeeehhh,,, garis2 halus yg ada pada plastik tersebut ikut ilang juga… hehe… terlalu keras kayaknya membersihkannya… jadi tetep dweh loncat2 coz sebagian garis halusnya hilang… gmn solusinya yea…???

  103. Mphie said

    baru beli printer,
    tapi gag susah narik kertasnya,
    mana tugas di kumpulin besokkk.
    mo bongkar gag berani,
    nnt gag garansi lagi..
    minta solusi yaaaa :(

  104. tajally said

    pak saya mau tanya saya punya print mp258 tapi pas di hidupkan sering narik kertas sendiri…apanya yang rusak itu pak…

  105. Acsen Love said

    bos, asnya ga da patah, tpi narik kertasnya msh miring, kira2 ada solusi lain ga ya ? mohon bantuannya om, printer yg sy gunakan ip2770

    • tommi said

      solusinya sama seperti yang di atas yaitu ganti roll penarik kertasnya atau modifikasi seperti AS nya seperti gambar.

  106. [...] http://sakuraaba.wordpress.com/2008/10/27/printer-canon-ip-1880-mp-145-tidak-bisa-menarik-kertas/ [...]

  107. handdygunawan said

    Numpang nimbrung nie… awalnya Mp145 saya narik kertasnya banyak dan miring, terus saya baca tuorial ini,ternyata benar as plastiknya patah,saya ikuti saran di atas,eh pas sudah selesai sekarang malah ga mau narik kertas,kemudian saya bongkar lagi,sampai benar2 yakin dan saya tes lagi,tapi masih aja ga mau narik kertas,sampai 6x saya bongkar dan periksa,tetap aja kondisinya seperti itu,putus asa juga nie, ada saran lain ga? makasih banyak sebelumnya….

    • tommi said

      kemungkinan salah pasang roll penarik kertasnya. sebelum pasang kembali kotak luarnya test dulu. pastikan tidak terlalu kencang juga. test manual bisa dengan memutar pakai tangan(hanya bisa satu arah) akan terdengar / terasa ada putran bergerigi (yg benar)
      Kalau masukan roll penarik kertasnya tidak benar makan tidak bisa putar bergerigi. Semoga berhasil

  108. faisal said

    bang bisa minta tutorial bongkar pasang printer canon ip1880 nya donk lago butuh nich…sebelum nya terimakasi..!

  109. ahmad said

    keren, terima kasih info nya,

  110. toni said

    Bagus….

  111. mu.yusup said

    minta tlng dong printer canon mp 228 aku di panel lcdnya ada tulisan scanner error apanya yg harus di servis

  112. yosep said

    Mas gimana dengan printer canon 2100 sp. Printer hidup tp posisi cartridge slalu ketengah, mohon bantuannya dan trima kasih.

  113. Hael said

    Aku mau nanya ni, apa bisa ganti / diperbaiki roller cleaning yang sudah patah di Printer MX350?Mohon bantuannya ya Om..:)
    Terimakasih banyak sebelumnya?

  114. indra said

    cari info yang jual mainboard print mp 258, printerq mati total nie….

  115. yosep said

    Mohon bantuan lagi, gimana kalo printer 1700, 1880 nya narik kertas slalu lebih dari selembar. Sehingga untuk loading papernya mesti per lembar…

  116. sutarbi hp 085735080741 said

    klo saya boleh menyarankan kpd pemilik blok ini mhn kiranya cara” perbaikan printer ini dapat disusun dan dituangkan dalam satu buku panduan/ tutorial yang bisa dibeli oleh setiap orang. sehingga dalam melakukan perbaikan printer ada pedoman yang pasti. tks

  117. saputra said

    selain berani harus ber,odal jg ne om ^_^
    printer ane g mau jg ne narik kertas double 220gsm om,, tp kertas biasa lancar ne…

  118. printer saya mp 198, kasus sama tak mau narik kertas padahal baru bener2 dibutuhin karna fotocopy soal anak2 ujian semester. nekad tu printer saya buka tapi karna tak ada waktu saya biarin saja terbengkalai selama seminggu. pas hari libur nekad kubuka(kalo bisa ya alhamdulillah kalo tidak ya beli baru sj, sy ni ibu rumah tangga yg buka les2an di rumah). ternyata!!!!!!!!!!!ada 2 koin 500 an nyangkut di situ.

  119. amin said

    good posting.
    gimana solusi ip2770 kertas masuk seperempat blink orange 3x, beragai cara dah dcoba, thank mas?

  120. fajar love teknologi said

    saya suka dengan situs ini

  121. gan kalau daerah as plastiknya tidak patah gimana solusinya…???
    di tunggu jwbnya… trima kasih

Berikan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

