Sakuraaba

Berbagi Ilmu untuk mencerdaskan Bangsa

Mengatasi Printer Epson C-90 / C-87 Bergaris

Posted by sakuraaba pada September 25, 2008

Printer Epson c90 / c87

 

      

 

Mengatasi Printer Epson c90 yang Bergaris / tidak ada hasil saat print

Saya mempunyai pengalaman dengan Printer Epson c90 lengkap dengan Infusnya yang baru dibeli 5 bulan yang lalu. Saat mencetak hasilnya  bergaris dan semakin lama diprint tulisan / photo pun hilang dari pandangan. saya mencoba untuk mengutak-atik printer tersebut. Dan ternyata berhasil saya atasi.

 

Peralatan yang diperlukan :

            Jarum suntik dan keret infus seperti yg ada pada gambar

 

 

Caranya :

Tahap pertama yang saya periksa adalah infusnya, apakah terjadi kekosongan pada cartrik ? Dengan cara membuka cartrik lalu menyedotnya dengan jarum suntik satu persatu. Pastikan setiap cartrik yang disedot mengeluarkan tinta. Lihat gambarnya

 

 

 

Tahap kedua : Sedot juga lubang head printer dengan jarum yang dilapisi dengan karet infus seperti yg ada di gambar. Bisa juga lubang head Tumpat  Karena Tinta yang membeku atau Cartrik yang kotor. Lihat gambarnya

 

 

 

 

 

Epson yang saya perbaiki  bermasalah pada tahap kedua, yaitu tersumbatnya lubang head. Setelah saya sedot, kemudian saya pasang cartriknya lalu headnya di cleaning. Dan hasilnya sudah normal kembali. Jika teman-teman mempunyai masalah seperti saya, Cobalah seperti yang saya kerjakan mudah-mudahan.

Jika tidak berhasil juga ya…. Saya sarankan untuk membawanya ke service center terdekat itulah jurus terakhirnya hee…hee… he…….

18 Tanggapan to “Mengatasi Printer Epson C-90 / C-87 Bergaris”

  1. Andre saputra berkata

    Mas..

    mau nanya..

    saya pake cartrigde refillnya tanpa infus..

    yang biru putus2,
    yang kuning putus2 banget…

    udah tak coba,
    kalo di cleaning kasar banget suaranya ..

    Need Help !

  2. sakura berkata

    jika printernya udah berumur alias sudah lama pakai,
    kemungkinan headnya sudah mau minta di upgread !!!

    waktu cleaning kasar suaranya, Mungkin vakum penyedot tinta untuk pembuangan ada masalah !!

  3. Andre saputra berkata

    gimana bisa mastiin headnya beneran rusak?
    soalnya untuk merah dan hitam, masih oke banget.

    kira2 kalopun servis/ganti untuk head dan vacum penyedot..
    makan biaya berapa mas kira2?

  4. igoylytes berkata

    dah d coba tips nyedot tinta dari head d printer c90, n sukses hasil print langsung bagus laghe setelah ad titik2 tinta yg keliatan d hasil print …
    makasih banget wat tips nya :D

    tp wat ngeprint head alignment test masih ad garis putus vertikal d semua kotak, ntu kenapa ya ?

  5. hendrik.... berkata

    bang pas aku ngeprin kenapa kok bergaris semua tu hurup nya apa yang per lku saya seting?? tolong bang blasanya secepatnya

  6. anton berkata

    ijin copas…

  7. seno berkata

    mas saya mo nanya
    pada printer saya canon mp145
    hasil ngeprintnya bergaris-garis ?

    mohon bantuanya mas.

  8. sakuraaba berkata

    printer canon mp145 bergaris biasanya headnya tumpat.
    Coba di sedot dari bawah cartrik pakai jarum suntik
    ( dilapisin karet infus )
    mudah-mudahan yg tumpat jadi lancar kembali

  9. fitrah berkata

    thanks bro…..
    masalah gw teratasi……
    semoga Tuhan membalas kebaikan anda. Amin

  10. joko supriyadi berkata

    printer saya canon pixma 1880..
    1. purtama normal, tp pas dipakek ngeprin , waktu ambil kertas dapat separuh lasung berhenti dan lampunya yang merah berkedip2. dan macet…
    2. pas dipakek ngeprin tiba2 lampu yg orange berkedip skitar 15x…
    dan dimonitor katridge yg itam lepas.

    gmna solusinya bang…?????

  11. putra berkata

    sangat membantu

  12. ilmu komputer berkata

    numpang baca baca. klo da waktu mampir jg sob

  13. charles berkata

    Untuk karet infusnya nyari dimana ya?

  14. siswoutomo berkata

    Bagus sekali infonya, semoga bermanfaat pula bagi yang lain, trims

  15. ne berkata

    mas saya mau nanya, printer c90 saya kalau print draft sampai text hasilnya bergaris bergaris. tapi kalau pakai kualitas text+gambar sampai foto hasilnya gak bergaris. kenapa ya?

  16. ul1n berkata

    lubang head Tumpat tu ada lubang nya ya?
    setelah katrid nya aku sedot, hitamnya malah hilang?

    mohon pencerahannya

  17. dinda aulya berkata

    Print sy epson tx111 stylus pas buat cetak poto prinoutnya bergaris dan kabur apa y penyebabnya

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

