Sakuraaba

Berbagi Ilmu untuk mencerdaskan Bangsa

Cara mengisi tinta/toner printer Hp1006

Posted by sakuraaba pada Juli 18, 2008

Pengalaman saya, cara pengisian toner tidak melalui lubang yg kita buat, melainkan dengan membuka drum film. Caranya buka sekrup yg ada di samping kiri, gerser / dorong bagian atas cartridge ke sebelah kanan, maka cartridge bagian atas akan terlepas menjadi 2 bagian. Bagian atas terdiri dari Karet pembersih/blit dan Drum, Bagian bawa magnet rol/ tempat pengisian serbuk toner.

  

 

Bagian bawah akan terlihat deploping/magnet rol yg berwarna hitam ( tempat toner ), Lalu putar gear cartridge ( hati-hati jangan salah arah. jika salah toner akan keluar dari magnet rollnya. apabila itu sempat terjadi maka putarlah gear tadi ke arah yang berlawanan )

               ntar gambarnya saya muat dehh….

 

Bila putaran gear sudah betul, masukan toner sedikit demi sedikit sambil memutar gearnya. Memang agak sedikit repot dan kotor, tetapi cara inilah yang saya anggap sangat memuaskan. Untuk memasukan toner ke magnet roll gunakan kertas sebagai sendoknya. Biasanya 1 cartridge bisa di isi kurang 100 gr maksimal berbeda dengan hp1020 cartrige hp1006 tempat penyimpanan serbuk toner lebih sedikit.  

    sorry, belum ada gambarnya…..

 

Untuk membersihkan karet pembersih/blit pembersih drum film yg terletak pada bagian atas, lepaskan dahulu drum film dari tempatnya dengan cara mencongkel perlahan pada salah satu bagian drum yg ada gearnya. Setelah drum dilepaskan maka akan terlihat karet/blit yg akan dibersihkan, sesudah di bersihkan beri sedikit bayi di sekitar karet /blit agar tidak kesat. apabila karet/blit kesat dapat merusak drum film.

Sesudah karet/blit di bersihkan, pasang kembali drum filmnya dengan hati-hati.

Lalu pasang kembali 2 bagian cartrikge yang tadi dilepas menjadi satu kembali. Oke dehh….

Sebagai tambahan :

Ciri-ciri Drum rusak :

Tulisan menjadi blur, bisa semuanya bisa sebagian atau tulisan tidak ngblok tidak jelas.

Bisa juga bergaris umumnya bergaris vertikal atau horizontal

Ciri-ciri karet blit/karet pembersih Rusak :

Hasil Print dikertas akan nampak bergaris lurus horizontal.

Untuk lebih pastinya buka Drumnya lalu raba karet blitnya jika ada yg terasa kasar, itu bearti karet blitnya sudah ada yg luka / rusak

Kelemahan dari Printer Hp 1006 umumnya tejadi pada karet Blit, untuk itu anda harus menyimpan karet Blit cadangan.

Selamat mencoba semoga berhasil. Mohon Kritik dan Sarannya !

About these ads

28 Tanggapan to “Cara mengisi tinta/toner printer Hp1006”

  1. Chord berkata

    Makasih om.. kebetulan saya lagi ada masalah pada hasil printing yang kotor memanjang vertikal ke atas. sepertinya masalah ada pada karet blitnya.. coba dulu bersihin ahhh.. sekali lage thanks Bro.. nice tips

  2. joni berkata

    bagaimana hasilnya ?
    udah ketemu masalahnya belum ?

  3. dodhard berkata

    mas cari karet blit nya dimana ya? mohon bantuan nya …. makaci

  4. sakuraaba berkata

    yah biasanya ada di toko komputer !

  5. Pisa Kendro berkata

    Sori, kalo beli serbuk tonernya di mana ya? Terus merek apa yg bagus? Harganya berapa?

    Thanks lot

  6. sakuraaba berkata

    untuk membeli serbuk toner biasanya ada di toko komputer atau di tempat pengisian tinta / refill.
    untuk merek yg bagus tergantung harganya juga..

    kalau tidak tahu dimana membelinya boleh pesan sama saya hee..hee..he..

  7. Pisa Kendro berkata

    Emang pesen di kamu berapa duit neh?

    Tq

  8. sakuraaba berkata

    harganya per bungkus Rp.225.000
    Tapi belum temasuk ongkos kirim.

  9. sakuraaba berkata

    bisa untuk 10X pengisian

  10. andie berkata

    gmn cara meset ulang printer hp 7210 officejet karena tinta warna tidak terbaca

  11. wilis berkata

    ma kasih ni yang gue cari! akhirnya ketemu juga

  12. amigo berkata

    masalahku brur….hasil cetakan printerlaser hp 1006 kurang jelas brur alias kabur tapi hurf2x terlihat bagus. gimana cara menatasinya?

  13. Pisa Kendro berkata

    Pak Sakura tinggal di Jakarta? Di mana alamat pak Sakura? Saya ada di Jakarta dan saya ingin beli bubuk tintanya. Tq.

    Oiya, saya barusan isi cartridge P1006 tapi kok hasilnya waktu ngeprint, hasilnya kertas jadi abu2 dan ada tanda pulau2 kecil gitu tapi tulisan sih jelas sekali. Kenapa yah begitu? Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Warm regards, Pisa

  14. sakuraaba berkata

    mohon maaf pak pisa kendro, saya tinggalnya tidak di Jakarta. Tetapi di Sumatera Utara itu pun bukan di kotanya Tapi di luar kotanya.

    jika hasilnya jadi abu-abu biasanya karet pembersihnya kotor atau rusak. ada kemungkinan tonernya tidak cocok. kalau ada tanda pulau kecil-kecil mungkin tonernya tidak cocok atau isinya terlalu banyak bisa juga drumnya rusak.

    semoga bermanfaat….

  15. Tatang berkata

    Thanks ni tutorialnya. Tp belum dicoba. Nah kalau bisa lengkapi gambar2nya dan contoh hasil cetakan yang erornya.

  16. joeone74 berkata

    Thanks bro atas info pengisian serbuk printer hp p1006 kebetulan printer aq k habisn tinta..

  17. suwardi berkata

    maaf ni mau tanya printer samsung 210 saya isi toner samsung juga, kok hasilnya jelas tapi kalo dilap ngikut ke lap tinggal tipis tulisan yang semula tebal jadi tipi dimana rusaknya ya

  18. ruben berkata

    thax bro, tapi masalah yang saya alami dengan printer hp p1006,saya sudah menganti toner baru, tapi masih ada, muncul kabur2 gitu, itu masalahnya di mana?

    thx.

  19. imas berkata

    bagaimana cara memasukan tinta bubuk refil ????

  20. rahmat jogja berkata

    thx ilmunya…segera praktek niy

  21. agung berkata

    Om mau tanya ni… saya gunkanan printer 1020, tapi belakangan outputnya tidak memuaskan.
    keluarnya seperti ada kalimat doubel dan sebagian kertas sudah gak bersih, toner saya coba ketempat temen bagus…. kira-kira ada masalah di bagian apa Om.

  22. elly malang berkata

    kang….. saya pengen pesen tinta toner untuk HP Laserjet P1006, gimana caranya, and tolong kasih tau email & No. telpon nya ya, kirim ke email saya ya…….., terima kasih

  23. boim berkata

    maaf ne tnyae menyimpang kecatridge…
    mas/mbak,,kLo catridge HP agr Awet biLa diiNfus gMna caranya.????
    koc dri dulu biLa diinFus koc cpet rusak….

  24. nova berkata

    salam kenal om
    ada rebiew cara isi toner fuji xerox yang a3 ndak ya?
    terimakasih pencerahanya

  25. Lukman Nulhakim berkata

    Thank’s Bro… Nice Tips,..
    Bisa tanpilin gambar hasil ciri2 hasil yg rusak…& boleh ga ada pelatihan cara mengisi yg benar/baik agar hasil nya bagus.
    Best Rgds

  26. nur berkata

    gan bisa gak toner warna hitam diganti warna lain ? ngerusak printer gak ?

  27. Elton berkata

    mau tanya kalau cardtrigh HP laserjet 36A kalau pakai print dan fotocopy muncul bintik2 hitam di pinggir kertas itu kerusakan di bagian mana ya ?, saya coba ganti drum tapi hasil tetap sama.makasih

  28. sultan berkata

    kirim no hp.nyalah bg, saya mau pesan tonernya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: